PEMERINTAH KABUPATEN MUARO
JAMBI
DINAS
PENDIDIKAN
SMP NEGERI 10
MUARO JAMBI
Jalan Jambi-Palembang KM-13,Desa
Pondok Meja
PENETAPAN KRITERIA
KETUNTASAN MINIMAL ( KKM )
Mata Pelajaran : IPA Terpadu
Kelas / Semester : VII / I
Tahun Pembelajaran : 2009/2010
KKM Mata Pelajaran :
S K
|
KD dan Indikator
|
Kriteria
|
KKM Ind
|
KKM KD
|
KKM SK
|
||
TK
|
DD
|
DS
|
|||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
1. Memahami
prosedur ilmiah untuk mempelajari benda-benda alam dengan menggunakan alat.
|
1.1 Mendiskripsikan besaran pokok dan besaran turunan beserta
satuannya.
a. Mengidentifikasikan
besaran-besaran fisika dalam kehidupan sehari-hari kemudian menge-lompokkannya
dalam besaran pokok dan besaran turunan.
b. Membedakan besaran pokok dan besaran
turunan.
c. Mengkonversikan satuan panjang, massa dan waktu dalam sistem
internasional.
d. Menghubungkan antara besaran dan satuannya.
1.2 Mendeskripsikan pengertian suhu dan pengukurannya.
a. Melakukan
pengukuran suhu dengan menggunakan termo-meter untuk mengukur suhu zat.
b. Membandingkan
skala termometer celcius dengan termometer yang lain (Fahren-heit, Kelvin dan
Reamor).
1.3 Melakukan pengukuran dasar secara teliti dengan menggu-nakan alat
ukur yang sesuai dan sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari.
a. Mengukur
dengan satuan baku dan tak baku secara baik dan benar.
b. Mengukur
(panjang, massa,
waktu) suatu benda dengan ber-bagai alat ukur (neraca, jangka sorong,
mikrometer sekrup, stopwatch) dengan tepat dan teliti.
c. Memperhatikan dan menerapkan keselamatan kerja dalam pengukuran.
|
2
3
1
|
2
2
2
|
2
1
1
|
67
67
44
|
|
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
2. Memahami klasifikasi zat
|
2.1 Mengelompokkan sifat larutan asam, larutan basa dan larutan
garam melalui alat dan indikator yang tepat.
a.
Mengidentifikasi sifat asam, basa dan garam dengan meng-gunakan indikator
yang sesuai.
b.
Mengelompokkan bahan-bahan di lingkungan sekitar berdasarkan konsep asam,
basa dan garam.
c. Menggunakan alat sederhana untuk menentukan skala kea-saman dan
kebasaan.
2.2 Melakukan percobaan sederhana
dengan bahan-bahan yang diperoleh
dalam kehidupan sehari-hari.
a. Mengelompokkan bahan-bahan di lingkungan sekitar berdasarkan konsep
asam, basa dan garam.
b. Melakukan percobaan untuk
mengetahui sifat asam, basa di laboratorium dan di alam dengan
menggunakan kunyit, kembang sepatu.
c. Melakukan percobaan untuk mengetahui sifat asam, basa di laboratorium
dengan mengguna-kan PH universal.
2.3 Menjelaskan nama unsur dan rumus kimia
sederhana.
a. Menjelaskan aturan penulisan lambang unsur.
b. Menuliskan nama dan lambang unsur.
c. Menuliskan nama senyawa dan rumus
kimia sederhana.
d. Memberikan contoh zat yang termasuk senyawa berikut rumusnya.
2.4 Membandingkan sifat unsur, senyawa dan
campuran.
a. Membandingkan ciri dan sifat unsur, senyawa dan campuran berdasarkan
pengamatan.
b. Membuat bagan klasifikasi materi secara sederhana berdasar-kan
ciri-ciri zat ( unsur, senyawa dan campuran ).
c. Mengelompokkan zat-zat keda-lam campuran homogen dan hete-rogen dalam
kehidupan sehari-hari.
|
|
|
|
|
|
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
3. Memahami wujud zat dan perubahannya
4. Memahami
berbagai sifat dalam peru-bahan fisika dan kimia
|
3.1 Menyelidiki sifat-sifat zat berda-sarkan wujudnya dan
penerapan-nya dalam kehidupan sehari-hari.
a. Menyelidiki perubahan wujud suatu zat.
b. Menyelidiki terjadinya titik didih dan titik leleh suatu
zat.
3.2
Mendeskripsikan konsep massa jenis dalam
kehidupan sehari-hari.
a. Menjelaskan
dari hasil perco-baan bahwa massa
jenis merupa-kan salah satu ciri khas suatu zat.
b. Menghitung massa jenis suatu zat.
3.3 Melakukan percobaan yang ber-kaitan
dengan pemuaian dalam kehidupan sehari-hari.
a. Menyelidiki proses pemuaian zat padat, cair dan gas.
b. Merencanakan percobaan sederhana untuk menunjukkan pemuaian zat cair
dan zat padat.
c. Mengidentifikasi muai volume berbagai jenis zat cair.
d. Menunjukkan prinsip pemuaian dalam teknologi misalnya bimetal.
3.4 Mendeskripsikan peran kalor dalam
merubah wujud zat dan suhu suatu benda serta penerapan-nya dalam kehidupan
sehari-hari.
a. Menyelidiki pengaruh kalor terhadap perubahan suhu benda, perubahan
wujud zat.
b. Menyelidiki faktor-faktor yang dapat mempercepat penguapan.
c. Menyelidiki kalor yang dibu-tuhkan pada saat mendidih dan melebur.
d. Menerapkan hubungan Q = m.C.Δt, Q= m.U dan Q = m.L untuk
menyelesaikan soal-soal.
4.1 Membandingkan sifat fisika dan sifat kimia zat.
a. Membandingkan hasil penga-matan perubahan fisika dan peru-bahan
kimia.
b. Mengklasifikasikan perubahan fisika
dan perubahan kimia.
|
|
|
|
|
|
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
|
4.2 Melakukan pemisahan campuran dengan berbagai cara berdasarkan
sifat fisika dan sifat kimia.
a. Menjelaskan
dasar pemisahan campuran berdasarkan ukuran partikel dan titik didih.
b. Melakukan percobaan penjer-nihan air dengan teknik sederhana
c. Melakukan percobaan untuk memisahkan campuran yang sesu-ai dengan
metoda yang dipilih (penyaringan, destilasi, penguap-an, sublimasi).
4.3 Menyimpulkan perubahan fisika dan
kimia berdasarkan hasil per-cobaan sederhana.
a. Membuat kesimpulan dari
hasil perco baan perubahan fisika dan kimia.
b. Membandingkan karakteristik perubahan kimia
dan fisika berda-sarkan percobaan.
4.4 Mengidetifikasi terjadinya reaksi kimia
melalui percobaan seder-hana
a. Mereaksi dua zat untuk menunjukkan perubahan warna dan suhu.
b. Menyimpulkan ciri-ciri terjadinya reaksi kimia berdasarkan perubahan
warna dan atau suhu.
|
|
|
|
|
|
|
Pondok
Meja, Juli 2009
Mengetahui Guru
Mata Pelajaran
Kepala SMPN 10 Muaro Jambi
Drs. JAMAIN, M.Pd. RINA
GUSWATI, S.Pd.
NIP. 196512131997021001 NIP. 197408012005012005
PERHITUNGAN ALOKASI
WAKTU PERTAUN DAN SEMESTER
SEKOLAH : SMP NEGERI 10KABUPATEN MUARO JAMBI
MATA PELAJARAN : IPA TERPADU
KELAS / SEMESTER : I / I
DAN II
TAHUN PELAJARAN : 2011/2012
A.PEHITUNGAN ALOKASI WAKTU
DALAM SATU TAHUN
No
|
Bulan
|
Banyak pekan
|
Pekan tidak efektif
|
pekan efektif
|
Keterangan
|
1
|
Juli
|
4
|
2
|
2
|
|
2
|
Agustus
|
5
|
0
|
5
|
|
3
|
September
|
4
|
2
|
2
|
|
4
|
Oktober
|
4
|
1
|
3
|
|
5
|
November
|
5
|
0
|
5
|
|
6
|
Desember
|
4
|
2
|
2
|
Libur semester
|
7
|
Januari
|
4
|
0
|
4
|
|
8
|
Pebruari
|
4
|
0
|
4
|
|
9
|
Maret
|
5
|
3
|
2
|
|
10
|
April
|
4
|
3
|
1
|
|
11
|
Mey
|
4
|
0
|
4.
|
|
12
|
Juni
|
4
|
2
|
2
|
Libur panjang
|
|
Jumlah
|
51
|
15
|
36
|
|
Keterangan : Jam
efektif = jumlah pekan efektif X Jumlah jam pelajaran
=
36 pekan X 5 jam pelajaran = 180 jam pelajaran
A.PEHITUNGAN ALOKASI WAKTU SEMESTER I (GANJIL)
No
|
Bulan
|
Banyak pekan
|
Pekan tidak efektif
|
pekan efektif
|
Keterangan
|
1
|
Juli
|
4
|
2
|
2
|
|
2
|
Agustus
|
5
|
0
|
5
|
|
3
|
September
|
4
|
2
|
2
|
|
4
|
Oktober
|
4
|
1
|
3
|
|
5
|
November
|
5
|
0
|
5
|
|
6
|
Desember
|
4
|
2
|
2
|
Libur semester
|
|
Jumlah
|
26
|
7
|
19
|
|
Keterangan : Jam
efektif = jumlah pekan efektif X umlah jam pelajaran
= 19 pekan X 5 jam pelajaran = 95 jam pelajaran
A.PEHITUNGAN ALOKASI WAKTU SEMESTER II (GENAP)
No
|
Bulan
|
Banyak pekan
|
Pekan tidak efektif
|
pekan efektif
|
Keterangan
|
7
|
Januari
|
4
|
0
|
4
|
|
8
|
Pebruari
|
4
|
0
|
4
|
|
9
|
Maret
|
5
|
3
|
2
|
|
10
|
April
|
4
|
3
|
1
|
|
11
|
Mey
|
4
|
0
|
4.
|
|
12
|
Juni
|
4
|
2
|
2
|
Libur panjang
|
|
Jumlah
|
25
|
8
|
17
|
|
Keterangan : Jam
efektif = jumlah pekan efektif X Jumlah jam pelajaran
= 17 pekan X 5 jam pelajaran = 85 jam pelajaran
A.
DISTRIBUSI WAKTU
No
|
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
ALOKASI WAKTU
|
KET
|
1
2
3
4
5
6
7
|
Mempelajari
Prosedur ilmiah untuk mempelajari benda-benda alam dengan menggunakan
peralatan
Memahami
klasifikasi zat
Memahami wujud
zat dan perubahannya
Memahami
berbagai sifat fisika dan sifat kimia zat
Memahami gejala-gejala alam melalui
pengamatan
Memahami keanekaragaman mahkluk hidup
Memahami saling ketergantungan dalam
ekosistim
|
1.1.Mendiskripsikan
besaran pokok dan besaran turunan beserta satuannya
1.2.Mendiskripsikan
pengertian suhu dan pengukurannya
1.3.Melakukan
pengukuran dasar secara teliti dengan menggunakan alat ukur yang sesuai dan
sering digunakan
2.1.Mengelompokan sifat larutan asam
larutan basa dan alrutan garam melalui alat dan indikator yang tepat
2.2.Melakukan percobaan sederhana
dengan bahan-bahan yang diperoleh dalam kehidupan sehari-hari
2.3.Menjelaskan nama unsur dan rumus kimia
sederhana
2.4.Mebandingkan sifat unsur senyawa dan campuran
3.1.Menyelidiki sifat-sifat zat berdasarkan wujud
dan penerapannya dalam kehudupan sehri-hari
3.2.Mendiskripsikan konsep masa jenis dalam
kehidupan sehari-hari
3.3.Melakukan percobaan yang berkaitan dengan pemuaian dalam kehidupan sehri-hari
3.4. Mendiskripsikan kalor dalam mengubah wujut zat
dan suhu suatu zat / benda serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
4.1. Memabandingkan sifat fisika dan dan sifst
kimia suatu zat
4.2. Melakukan pemisahan campuran dengan berbagai
cara berdasarkan sifat fisika dan sifat kimia
4.3. Menyimpulkan perubahan fisika dan perubahan
kimia berdasarkan hasil percobaan sederhana
4.4. Menidentifikasi
terjadinya reaksi kimia melalui percobaan sederhana
ULANGAN HARIAN SEMESTER
GANJIL
5.1. Mengidentifikasi
jenis-jenis gaya, penjumlahan gaya dan pengaruhnya pada suatu benda yang
dikenai gaya
5.2. Menerapkan hukum
newton untuk menjelaskan berbagai peristiwa dalam kehidupan sehari-hari
5.3. Menggunakan
mikroskop dan peralatan pendukung lainnya untuk mengamati gejala-gejala
kehidupan
5.4. Menerapka
keselamatan kerja dalam melakukan pengamatan gejala-gejala alam
6.1. Mengidentifikasi ciri-ciri
mahkluk hidup
6.2. Mengklasifikasikan
mahkluk hidup berdasarkan ciri-ciri mahkluk hidup
6.3. Mendiskripsikan
keragaman pada sistim organisasi kehidupan mulai dari tingkat sel sampai
organisme.
7.1. Menentukan ekosistim
dan saling hubungan antara komponrm ekosisitim
7.2. Mengidentifikasikan
pentinganya keanekaragaman mahkluk hidup dalam pelestarian ekosistim
7.3. Memprediksi pengaruh
kepadatan populasi manuasia terhadap lingkungan
7.4. Mengaplikasikan
peran amnusia dalam pengelolaan lingkungan
ULANGAN HARIAN SEMESTER GENAP
|
6x 40’
4x 40’
4x 40’
4x 40’
4x40’
4x40’
4x 40’
4x 40’
6x 40’
4x 40’
5 x 40’
4x 40’
4x 40’
4x 40’
5x 40’
6 x 40’
6
x 40’
8
x 40’
8
x 40’
4x
40’
4x
40’
6x
40’
6x
40’
8
x 40’
6x
40’
6x
40’
6x
40’
6x
40’
|
|
Mengetahui
Pondok
meja, 1 Juli 2009
Kepala SMP Negeri 11 muaro Jambi Guru mata pelajaran
Drs. Jamain, M.Pd RINA GUSWATI,
SPd
NIP132 166 314 NIP.
430 014 201
Tidak ada komentar:
Posting Komentar