Sabtu, 25 Februari 2012

KKM IPA 7 Baru

PEMERINTAH KABUPATEN MUARO JAMBI
DINAS PENDIDIKAN
SMP NEGERI 10 MUARO JAMBI
Jalan Jambi-Palembang KM-13,Desa Pondok Meja


PENETAPAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL  ( KKM )

Mata Pelajaran                      : IPA Terpadu
Kelas / Semester                    : VII / I
Tahun Pembelajaran            : 2009/2010
KKM Mata Pelajaran          :

S K
KD dan Indikator
Kriteria 
KKM Ind
KKM KD
KKM SK
TK
DD
DS
1
2
3
4
5
6
7
8

1. Memahami prosedur ilmiah untuk mempelajari benda-benda alam dengan menggunakan alat.

1.1  Mendiskripsikan besaran pokok dan besaran turunan beserta satuannya.
a. Mengidentifikasikan besaran-besaran fisika dalam kehidupan sehari-hari kemudian menge-lompokkannya dalam besaran pokok dan besaran turunan.
b. Membedakan besaran pokok dan besaran turunan.
c. Mengkonversikan satuan panjang, massa dan waktu dalam sistem internasional.
d. Menghubungkan antara besaran dan satuannya.

1.2  Mendeskripsikan pengertian suhu dan pengukurannya.
a. Melakukan pengukuran suhu dengan menggunakan termo-meter untuk mengukur suhu zat.
b. Membandingkan skala termometer celcius dengan termometer yang lain (Fahren-heit, Kelvin dan Reamor).

1.3  Melakukan pengukuran dasar secara teliti dengan menggu-nakan alat ukur yang sesuai dan sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari.
a. Mengukur dengan satuan baku dan tak baku secara baik dan benar.
b. Mengukur (panjang, massa, waktu) suatu benda dengan ber-bagai alat ukur (neraca, jangka sorong, mikrometer sekrup, stopwatch) dengan tepat dan teliti.
c. Memperhatikan dan menerapkan keselamatan kerja dalam pengukuran.






2




3

1







2




2

2




2




1

1




67




67

44


1
2
3
4
5
6
7
8

2. Memahami klasifikasi zat

2.1 Mengelompokkan sifat larutan asam, larutan basa dan larutan garam melalui alat dan indikator yang tepat.
a. Mengidentifikasi sifat asam, basa dan garam dengan meng-gunakan indikator yang sesuai.
b. Mengelompokkan bahan-bahan di lingkungan sekitar berdasarkan konsep asam, basa dan garam.
c. Menggunakan alat sederhana untuk menentukan skala kea-saman dan kebasaan.

2.2 Melakukan percobaan sederhana dengan   bahan-bahan yang diperoleh dalam kehidupan sehari-hari.
a. Mengelompokkan bahan-bahan di lingkungan sekitar berdasarkan konsep asam, basa dan garam.
b. Melakukan percobaan untuk  mengetahui sifat asam, basa di laboratorium dan di alam dengan menggunakan kunyit, kembang sepatu.
c. Melakukan percobaan untuk mengetahui sifat asam, basa di laboratorium dengan mengguna-kan PH universal.

2.3  Menjelaskan nama unsur dan  rumus kimia  sederhana.
a. Menjelaskan aturan penulisan lambang unsur.
b. Menuliskan nama dan lambang unsur.
c. Menuliskan nama senyawa dan rumus kimia sederhana.
d. Memberikan contoh zat yang termasuk senyawa berikut rumusnya.

2.4  Membandingkan sifat unsur, senyawa dan campuran.
a. Membandingkan ciri dan sifat unsur, senyawa dan campuran berdasarkan pengamatan.
b. Membuat bagan klasifikasi materi secara sederhana berdasar-kan ciri-ciri zat ( unsur, senyawa dan campuran ).
c. Mengelompokkan zat-zat keda-lam campuran homogen dan hete-rogen dalam kehidupan sehari-hari.








1
2
3
4
5
6
7
8

3. Memahami wujud zat dan perubahannya













































4. Memahami berbagai sifat dalam peru-bahan fisika dan kimia

3.1  Menyelidiki sifat-sifat zat berda-sarkan wujudnya dan penerapan-nya dalam kehidupan sehari-hari.
a. Menyelidiki perubahan wujud suatu zat.
b. Menyelidiki terjadinya titik didih dan titik leleh suatu zat. 
   
3.2  Mendeskripsikan konsep massa jenis dalam kehidupan sehari-hari.
a. Menjelaskan dari hasil perco-baan bahwa massa jenis merupa-kan salah satu ciri khas suatu zat.
b. Menghitung massa jenis suatu zat.

3.3  Melakukan percobaan yang ber-kaitan dengan pemuaian dalam kehidupan sehari-hari.
a. Menyelidiki proses pemuaian zat padat, cair dan gas.
b. Merencanakan percobaan sederhana untuk menunjukkan pemuaian zat cair dan zat padat.
c. Mengidentifikasi muai volume berbagai jenis zat cair.
d. Menunjukkan prinsip pemuaian dalam teknologi misalnya bimetal.

3.4  Mendeskripsikan peran kalor dalam merubah wujud zat dan suhu suatu benda serta penerapan-nya dalam kehidupan sehari-hari.
a. Menyelidiki pengaruh kalor terhadap perubahan suhu benda, perubahan wujud zat.
b. Menyelidiki faktor-faktor yang dapat mempercepat penguapan.
c. Menyelidiki kalor yang dibu-tuhkan pada saat mendidih dan melebur.
d. Menerapkan hubungan Q = m.C.Δt, Q= m.U dan Q = m.L untuk menyelesaikan soal-soal.



4.1  Membandingkan sifat fisika dan sifat kimia  zat.
a. Membandingkan hasil penga-matan perubahan fisika dan peru-bahan kimia.
b. Mengklasifikasikan perubahan fisika dan  perubahan kimia.









1
2
3
4
5
6
7
8


4.2  Melakukan pemisahan campuran dengan berbagai cara berdasarkan sifat fisika dan sifat kimia.
a. Menjelaskan dasar pemisahan campuran berdasarkan ukuran partikel dan titik didih.
b. Melakukan percobaan penjer-nihan air dengan teknik sederhana
c. Melakukan percobaan untuk memisahkan campuran yang sesu-ai dengan metoda yang dipilih (penyaringan, destilasi, penguap-an, sublimasi).

4.3 Menyimpulkan perubahan fisika dan kimia berdasarkan hasil per-cobaan sederhana.
a. Membuat kesimpulan dari hasil perco baan perubahan fisika dan kimia.
b. Membandingkan karakteristik perubahan kimia dan fisika berda-sarkan percobaan.

4.4  Mengidetifikasi terjadinya reaksi kimia melalui percobaan seder-hana
a. Mereaksi dua zat untuk menunjukkan perubahan warna dan suhu.
b. Menyimpulkan ciri-ciri terjadinya reaksi kimia berdasarkan perubahan warna dan atau suhu.









Pondok Meja,   Juli 2009
Mengetahui                                                 Guru Mata Pelajaran
Kepala SMPN 10  Muaro Jambi





Drs. JAMAIN, M.Pd.                                           RINA GUSWATI, S.Pd.
NIP. 196512131997021001                                   NIP. 197408012005012005
                                                                                                                                                     



























PERHITUNGAN ALOKASI WAKTU PERTAUN DAN SEMESTER

SEKOLAH                             :  SMP NEGERI 10KABUPATEN MUARO JAMBI
MATA PELAJARAN            :  IPA TERPADU
KELAS / SEMESTER            :  I /  I DAN II
TAHUN PELAJARAN          :  2011/2012

A.PEHITUNGAN ALOKASI WAKTU DALAM SATU TAHUN

No
Bulan
Banyak pekan
Pekan tidak efektif
pekan efektif
Keterangan
1
Juli
4
2
2

2
Agustus
5
0
5

3
September
4
2
2

4
Oktober
4
1
3

5
November
5
0
5

6
Desember
4
2
2
Libur semester
7
Januari
4
0
4

8
Pebruari
4
0
4

9
Maret
5
3
2

10
April
4
3
1

11
Mey
4
0
4.

12
Juni
4
2
2
Libur panjang

Jumlah
51
15
36

Keterangan : Jam efektif = jumlah pekan efektif X Jumlah jam pelajaran
                                        =  36 pekan  X  5 jam pelajaran = 180 jam pelajaran

A.PEHITUNGAN ALOKASI WAKTU SEMESTER I (GANJIL)

No
Bulan
Banyak pekan
Pekan tidak efektif
pekan efektif
Keterangan
1
Juli
4
2
2

2
Agustus
5
0
5

3
September
4
2
2

4
Oktober
4
1
3

5
November
5
0
5

6
Desember
4
2
2
Libur semester

Jumlah
          26
7
19

Keterangan : Jam efektif = jumlah pekan efektif X umlah jam pelajaran
                                        =  19 pekan  X  5 jam pelajaran = 95 jam pelajaran

A.PEHITUNGAN ALOKASI WAKTU SEMESTER II (GENAP)

No
Bulan
Banyak pekan
Pekan tidak efektif
pekan efektif
Keterangan
7
Januari
4
0
4

8
Pebruari
4
0
4

9
Maret
5
3
2

10
April
4
3
1

11
Mey
4
0
4.

12
Juni
4
2
2
Libur panjang

Jumlah
         25   
8
17

Keterangan : Jam efektif = jumlah pekan efektif X Jumlah jam pelajaran
                                        =  17  pekan  X  5 jam pelajaran = 85 jam pelajaran

























A.    DISTRIBUSI WAKTU

No
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
ALOKASI WAKTU
KET
1









2












3














4














5














6








7














Mempelajari Prosedur ilmiah untuk mempelajari benda-benda alam dengan menggunakan peralatan





Memahami klasifikasi zat












Memahami wujud zat dan perubahannya













Memahami berbagai sifat fisika dan sifat kimia zat













Memahami gejala-gejala alam melalui pengamatan













Memahami keanekaragaman mahkluk hidup






Memahami saling ketergantungan dalam ekosistim





1.1.Mendiskripsikan besaran pokok dan besaran turunan beserta satuannya
1.2.Mendiskripsikan pengertian suhu dan pengukurannya
1.3.Melakukan pengukuran dasar secara teliti dengan menggunakan alat ukur yang sesuai dan sering digunakan

2.1.Mengelompokan sifat larutan                                                        asam larutan basa dan alrutan garam melalui alat dan indikator yang tepat
2.2.Melakukan percobaan sederhana dengan bahan-bahan yang diperoleh dalam kehidupan sehari-hari
2.3.Menjelaskan nama unsur dan rumus kimia sederhana
2.4.Mebandingkan sifat unsur senyawa dan campuran

3.1.Menyelidiki sifat-sifat zat berdasarkan wujud dan penerapannya dalam kehudupan sehri-hari
3.2.Mendiskripsikan konsep masa jenis dalam kehidupan sehari-hari
3.3.Melakukan percobaan yang berkaitan dengan pemuaian  dalam kehidupan sehri-hari
3.4. Mendiskripsikan kalor dalam mengubah wujut zat dan suhu suatu zat / benda serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.

4.1. Memabandingkan sifat fisika dan dan sifst kimia suatu zat
4.2. Melakukan pemisahan campuran dengan berbagai cara berdasarkan sifat fisika dan sifat kimia
4.3. Menyimpulkan perubahan fisika dan perubahan kimia berdasarkan hasil percobaan sederhana
4.4. Menidentifikasi terjadinya reaksi kimia melalui percobaan sederhana
ULANGAN HARIAN SEMESTER GANJIL


5.1. Mengidentifikasi jenis-jenis gaya, penjumlahan gaya dan pengaruhnya pada suatu benda yang dikenai gaya
5.2. Menerapkan hukum newton untuk menjelaskan berbagai peristiwa dalam kehidupan sehari-hari
5.3. Menggunakan mikroskop dan peralatan pendukung lainnya untuk mengamati gejala-gejala kehidupan
5.4. Menerapka keselamatan kerja dalam melakukan pengamatan gejala-gejala alam

6.1. Mengidentifikasi ciri-ciri mahkluk hidup
6.2. Mengklasifikasikan mahkluk hidup berdasarkan ciri-ciri mahkluk hidup
6.3. Mendiskripsikan keragaman pada sistim organisasi kehidupan mulai dari tingkat sel sampai organisme.

7.1. Menentukan ekosistim dan saling hubungan antara komponrm ekosisitim
7.2. Mengidentifikasikan pentinganya keanekaragaman mahkluk hidup dalam pelestarian ekosistim


7.3. Memprediksi pengaruh kepadatan populasi manuasia terhadap lingkungan
7.4. Mengaplikasikan peran amnusia dalam pengelolaan lingkungan
ULANGAN HARIAN SEMESTER GENAP



6x 40’


4x 40’

4x 40’




4x 40’



4x40’



4x40’

4x 40’


4x 40’



6x 40’

4x 40’


5 x 40’





4x 40’

4x 40’


4x 40’


5x 40’


6 x 40’



6 x 40’



8 x 40’


8 x 40’



4x 40’



4x 40’

6x 40’


6x 40’



8 x 40’


6x 40’




6x 40’


6x 40’

6x 40’







Mengetahui                                                                 Pondok meja, 1 Juli 2009
Kepala SMP Negeri 11 muaro Jambi                          Guru mata pelajaran





Drs. Jamain, M.Pd                                                      RINA GUSWATI, SPd
NIP132 166 314                                                                     NIP. 430 014 201
  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar